PSSI Keluar, AFF Rugi Besar

oleh
contoh iklan banner 728x90

TOPKATA.com Bola – Walau Piala AFF U-19 telah usai, namun pertandingan pamungkas antara Vietnam versus Thailand grup A masih meninggalkan luka mendalam bagi suporter Indonesia. Pertandingan yang keluar dari sikap sportifitas itu, jelas menyakitkan.

Tragisnya, pihak AFF seakan juga enggan menyikapinya. Surat yang dilayangkan PSSI, hanya seperti angin lalu. Hal ini, jelas hal yang tidak menyenangkan bagi para suporter Indonesia. Para suporter dan netizen Indonesia mendesak, agar PSSI keluar dari keanggotaan AFF.

PSSI melayangkan surat protes ke AFF pada Selasa (12/7/2022). Adapun surat yang dilayangkan oleh PSSI ialah berkaitan dengan hasil pertandingan Vietnam U-19 vs Thailand U-19 yang dinilai main mata dan merugikan Indonesia U-19 karena tidak bisa lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga:  Timnas Indonesia U-20 Siap Bertarung di Piala Asia

Titik penekanan PSSI dari laga Vietnam U-19 vs Thailand U-19 bukan hasil imbang 1-1, melainkan cara bermain kedua kesebalasan saat skor kedudukan sama 1-1. Di mana tampak Vietnam berlama-lama memainkan bola di areanya sendiri, sementara Thailand hanya menunggu dan tidak ada inisiati untuk merebut bola.

Usai PSSI melayangkan protes dan tak kunjung mendapatkan respon dari AFF, para suporter dan netizen Indonesia mendesak PSSI untuk keluar dari keanggotaan AFF karena dinilai sudah tidak sehat persaiangannya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, sendiri sudah mendengar desakan netizen soal permintaan para suporter dan netizen Indonesia agar PSSI keluar dari keangotaan AFF.

Baca Juga:  Shin Tae-yong Yakin Timnas Indonesia Mampu Kalahkan Thailand

“Saat ini banyak netizen yang meminta Indonesia keluar dari AFF karena mereka menganggap ada permainan,” kata Mochamad Iriawan.

Jika PSSI menuruti desakan para suporter dan netizen Indonesia untuk keluar dari keanggotaan AFF, maka AFF setidaknya akan dirugikan dalam tiga hal ini.

  1. Exposure yang Menurun

Keluarnya Indonesia akan menyebabkan angka exposure menurun, hal itu dikarenakan media-media yang ada di Indonesia tidak lagi memberitakan event-event AFF.

  1. Pendapatan Berkurang
    Pendapatan akan menjadi sektor yang paling besar dalam menerima dampak jika PSSI keluar dari keanggotaan AFF. Pasalnya animo dan dukungan yang besar di stadion dari suporter Indonesia saat timnas berlaga tidak lagi menjadi salah satu pendapatan AFF dalam hal penjualan tiket dll.

  2. Persaingan yang Monoton