DW PDAM Sawahlunto, Tabung Emas di Bank Sampah

oleh
25 dibaca
contoh iklan banner 728x90

Sawahlunto – Dalam rangka memperkuat pemahaman tentang perilaku pengurangan sampah di rumah tangga, ibu-ibu Dharmawanita PDAM melaksanakan sosialisasi mengenai memilah sampah menabung emas di bank sampah induk emas bersih karang taruna Kota Sawahlunto binaan PT. Pegadaian di kantor PDAM Kota Sawahlunto, Sabtu 5 Februari 2022

Ketua DW PDAM, Ika Meliana menyampaikan, kegiatan yang dilakukan pada pertemuan bulanan DW ini sengaja disiapkan materi tentang bank sampah. Karena persoalan sampah di kantor maupun di rumah tangga sudah harus menjadi perhatian bersama.

“Biasanya kami masih ada yang berperilaku membakar sampah. Jika sampah sudah menumpuk di rumah atau menimbun sampah dengan menggali lobang di halaman rumah. Selain itu kami juga tertarik dengan tabungan emas pegadaian yang dikoneksikan dengan tabungan sampah,” ujarnya.

Baca Juga:  Ini Resep Bubur Terik, Kuliner Khas Jawa Tengah

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kota Sawahlunto sekaligus pengurus bank induk emas bersih karang taruna Kota Sawahlunto Andri Maha Putra menyampaikan, bank sampah karang taruna ini merupakan binaan lansung Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kota Sawahlunto serta didukung oleh PT. Pegadaian.

Bank sampah merupakan salah satu sarana pendukung upaya pengurangan sampah di sumber sampah. “Kami ingin bank sampah ini tidak hanya menjadi tempat menabung sampah dan mendatangkan tambahan ekonomi bagi ibu-ibu rumah tangga. Tapi yang menjadi tujuan utama itu adalah bank sampah mampu mengedukasi individu penghasil sampah untuk membiasakan diri memilah sampahnya dari rumah. Sehingga sampah yang dibuang ke TPA sampah jadi lebih sedikit,” ujarnya.