Tips Menjaga Umur Panjang dan Awet Muda

Sebuah penelitian terbaru menegaskan bahwa mengadopsi kebiasaan sehat dapat melambatkan proses penuaan.

oleh
84 dibaca
contoh iklan banner 728x90

TopKata.com, Jakarta – Sebuah penelitian terbaru yang dimuat dalam Journal American Heart Association menegaskan bahwa mengadopsi 8 kebiasaan sehat yang dikenal Life’s Essential 8 dapat melambatkan proses penuaan, stroke, serta kematian dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Dalam penelitian ini, para peneliti menekankan bahwa pentingnya menerapkan kebiasaan hidup sehat, meningkatkan aktivitas fisik, termasuk dengan mengonsumsi makanan bergizi, memastikan tidur yang cukup, memonitor kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah, berhenti merokok, serta menjaga berat badan ideal.

Dilansir oleh New York Post, penelitian ini melibatkan 5.682 partisipan yang terdiri dari orang dewasa, penilaian berdasarkan skor kesehatan kardiovaskular mereka. Skor tersebut melibatkan empat aspek perilaku, seperti pola makan, aktivitas fisik, durasi tidur per malam, dan status merokok, serta empat aspek pengukuran klinis, termasuk indeks massa tubuh, tekanan darah, dan kolesterol serta gula darah.

Baca Juga:  Wagub Sumbar Gaet Chimory

Peneliti menggunakan modifikasi kimia DNA, yaitu metilasi DNA untuk memperkirakan usia biologis serta meneliti kecenderungan genetik dari individu terhadap penuaan biologis yang lebih cepat. Temuan ini menunjukkan bahwa individu dengan skor kesehatan yang lebih tinggi pada 8 faktor memiliki risiko lebih rendah mengalami penurunan risiko kematian dan terkena penyakit kardiovaskular.

Komentar