Wujudkan Sholat Berjamaah Satu Tempat, Guru SMPN 6 Padang Basidoncek

oleh
16 dibaca
contoh iklan banner 728x90

TOPKATA.com – SMPN 6 Padang terus melakukan terobosan demi mengimplementasikan visi dan misi.

Sebagaimana diketahui, SMPN 6 Padang memiliki visi “Beriman, Bertaqwa, Cerdas, Berprestasi dan cinta lingkungan”. Dibarengi dengan salah satu misinya, Melaksanakan Sholat Dhuhur berjamaah bagi siswa yang beragama Islam.

Untuk mewujudkan visi misi tersebut, berbagai upaya dilakukan. Agar, Shalat berjamaah bisa menampung hampir 600 siswa. Ditambah, para pendidik dan tenaga kependidikan.

“Mushalla kita hanya mampu menampung 60 jamaah. Jelas sangat jauh dari memadai. Sebagai solusi, kita manfaatkan hall yang memiliki daya tampung jauh lebih besar. Jadi terpaksa shalat di dua tempat, yakni di Hall dan musholla,” ujar Kepala SMPN 6 Padang, Noverilan, M.Pd. usai Shalat Dhuhur berjamaah, Kamis (23/2/2023).

Baca Juga:  Pengabdian Guru Daerah Kepulauan

Dia tambahkan, Shalat Dhuhur berjamaah bisa saja kita fokuskan di Hall. Yang memiliki daya tampung lebih 600 orang. Cuma lantainya, masih perlu di renovasi agar datar

“Kita bersyukur, para majelis guru dan staf tata usaha memiliki pemikiran yang sama, terhadap kondisi yang ada. Maka munculah ide untuk Basidoncek. Bahkan, pada rapat majelis guru dan staf tata usaha yang berlangsung beberapa hari lalu telah terkumpul puluhan sak semen,” ujar Noverilan.

Dia mengatakan,nantinya, semua bahan yang telah terkumpul langsung kita gunakan. “Target kita, Shalat Dhuhur berjamaah cukup 1 shift di satu tempat. Jadi, kita fokus di Hall ini nantinya. Jika Hall ini sudah representatif, juga bisa kita gunakan untuk kegiatan lain,” ujarnya.

Baca Juga:  Merdeka Belajar Sebatas Jargon

Sementara Wakil Kepala Sekolah urusan Sarana Prasarana yang baru saja terpilih, Sherly Andila, S.Pd. mengungkapkan hasil Basidoncek para guru dan staf tata usaha sudah terkumpul 35 sak semen plus uang Rp350 ribu.

Sherly meyakini jumlah ini akan terus bertambah. Hal ini didasari, makin tingginya kepedulian semua pihak untuk berinfak demi kepentingan tempat ibadah.

Dia juga berharap jika ada keluarga di rumah yang ingin berinfak, tentu keinginan untuk menciptakan Shalat Dhuhur berjamaah yang khusu’ dan nyaman di SMPN 6 Padang akan semakin cepat terwujud. (Salih)