Dian WR Peduli Stunting, Kapolresta Padang Laporkan Yayasan BAS ke Walikota

oleh
25 dibaca
contoh iklan banner 728x90

Padang TOPKATA.com – Walau dalam situasi curah hujan tinggi tidak menyurutkan minat orang tua untuk membawa buah hatinya untuk mendapatkan asupan gizi di kegiatan Gerakan Anak Sehat “Aipda Dian WR Peduli Stunting”

Alhasil, lokasi kegiatan menuju generasi sehat ini seperti tak mampu menampung para balita yang didampingi orang tua mereka.

Memang, pada Rabu 17 Januari 2024 tersebut, Kapolresta Padang yang diwakili Kasat Binmas Polresta Padang Kompol Muzhendri mencanangkan Aipda Dian WR Peduli Stunting Yayasan Berkah Amal Salih, di Banuaran Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang Sumatera Barat Sumbar.

Pencanangan dilakukan bersama Camat Lubuk Begalung yang diwakili Sekretaris Camat (Sekcam) Akmal, Kepala Puskesmas Lubuk Begalung Dr. Sari Ramadhani, Kapolsek Lubuk Begalung yang diwakili Kanit Binmas Polsek Lubuk Begalung Iptu Abdullah, Lurah Banuaran Nan XX Defrison, ST dan pengurus Yayasan Berkah Amal Salih.

Aipda Dian Wihendro Ratno mengaku program ini sengaja dia lakukan untuk mendukung Gerakan Anak Sehat yang telah dicanangkan pemerintah. Baiknya bangsa ini ke depan tak terlepas dari kondisi balita hari ini.

“Jika saat ini balita sehat dan terbebas dari Stunting maka akan tercipta generasi sehat demi menuju generasi emas yang berkarakter tahun 2045,” ujar Aipda Dian Wihendro Ratno yang sehari-hari bertugas sebagai Anggota Reskrim Polsek Lubuk Begalung ini.

Aipda Dian WR yang baru saja diamanahkan sebagai Kasi Humas Polsek Lubuk Begalung, Polresta Padang ini menegaskan “Aipda Dian WR Peduli Stunting” akan berlangsung setiap Rabu siang. Dengan melibatkan anak yang menderita Stunting dan rentan Stunting.

Baca Juga:  Penyeberangan Bakauheni- Merak Tanpa Rapid Test

“Sebanyak 70 balita didampingi orang tua hadir disini untuk mendapatkan asupan gizi. Mereka juga kita beri makanan sehat untuk dibawa pulang. Kegiatan ini kita lakukan, setelah berkoordinasi dengan Puskesmas dan pihak kecamatan. Kita juga sangat termotivasi, lantaran tim kreatif Yayasan Berkah Amal Salih ini sebagian besar adalah kader Posyandu dan kader PKK Banuaran,” ujarnya.

Dia tegaskan, walau adanya kegiatan Aipda Dian WR Peduli Stunting, pria yang akrab disapa Dian Pitok ini tetap komit akan selalu berkontribusi di Jumat Berkah Berbagi.

“Aipda Dian WR Peduli Stunting untuk para balita yang terkena Stunting dan rentan Stunting. Sementara JBB Amal Salih, santunan untuk anak yatim yang tetap berlangsung setiap Jumat,” Aipda Dian WR yang juga dipercaya sebagai Ketua Pembinaan dan Pengembangan Potensi Generasi Muda (KP3GM) Yayasan Berkah Amal Salih ini.

Hadirnya Aipda Dian WR Peduli Stunting mendapat apresiasi Kepala Puskesmas Lubuk Begalung, dr. Sari Ramadhani. Dia tegaskan Aipda Dian telah memberi harapan besar di bidang kesehatan.

“Saya sangat terharu dengan program yang dicanangkan Yayasan Berkah Amal Salih. Saya juga sangat bahagia dengan kepedulian Pak Dian dengan menyisihkan sebagian rezekinya. Untuk turut serta memberantas dan mencegah stunting. Semoga Stunting di kecamatan Lubuk Begalung bisa 0 persen di 2024 ini,” ujarnya.

Dr. Sari Ramadhani menegaskan akan terlibat secara langsung untuk mendukung Aipda Dian WR Peduli Stunting ini. “Rabu depan kita juga akan melakukan edukasi pada orang tua balita yang rentan stunting di sini,” ujar dr. Sari Ramadhani yang selalu memiliki semangat optimis ini.

Baca Juga:  Jangan Dibuang, Olah Cangkang Telur Jadi Obat

Camat Lubuk Begalung yang diwakili Sekretaris Camat, Akmal sangat mengapresiasi program yang dicanangkan Aipda Dian WR. Apalagi, Aipda Dian WR seorang polisi namun secara rutin berkiprah dibidang sosial.

Akmal menambahkan presiden telah berupaya untuk menekan angka stunting dengan mengeluarkan keputusan presiden. Semoga kedepannya, Kecamatan Lubuk Begalung terbebas dari stunting.

Kasat Binmas Polresta Padang Kompol Muzhendri merasa bangga dan terharu dengan program Gerakan Anak Sehat “Aipda Dian WR Peduli Stunting” hari ini.

“Seorang Aipda bisa mampu melakukan kegiatan ini. Apalagi sifatnya untuk membantu masyarakat yang ada di sekitar Banuaran. Alhamdulillah Pak Dian, mungkin ini inovasi dari Polri terhadap apa yang telah dilakukan Pak Dian dan Ibu dari dinas kesehatan, pak camat, pak lurah serta penggerak penggerak yang ada di Banuaran ini. Mudah-mudahan kegiatan ini terus berlanjut,” ujarnya.

Saking senangnya, Kompol Muzhendri menambahkan akan menyampaikan pada Pemko Padang bahwa telah melihat kegiatan ini secara langsung. “Nanti kita akan bertemu dengan walikota dan kepala dinas,” ujarnya.

Sebelumnya, Pembina Yayasan Berkah Amal Salih, Saribulih mengungkapkan kiprah Aipda Dian WR dalam membantu masyarakat sudah tak terhitung lagi. Aipda Dian WR menjadi donatur tetap di kegiatan Jumat Berkah Berbagi (JBB) Amal Salih yang berlangsung setiap pekan.

Baca Juga:  Tinjau Vaksinasi, Wakapolda Sumbar ke Sutera

“Aipda Dian WR juga donatur tetap pada kegiatan Pendidikan Peduli Anak Yatim setiap semester. Kegiatan ini berupa penyerahan bantuan untuk 60 anak yatim. Masing-masing memperoleh Rp400 ribu,” ujar Saribulih yang juga praktisi pendidikan ini.

Selain itu ujarnya, Aipda Dian juga secara rutin menyisihkan penghasilannya untuk membantu para dhuafa. “Pak Dian Pitok juga menyasar dunia pendidikan. Dengan memberikan paket sembako pada beberapa SMP yang ada di wilayah hukum Polsek Lubuk Begalung,” ujar Saribulih.

Kegiatan dipandu Sekretaris Yayasan Berkah Amal Salih, Herwaty Taher. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin Ketua Yayasan Berkah Amal Salih, Zetri Murni, SS.

Walau dalam kondisi hujan deras launching Gerakan Anak Sehat “Aipda Dian WR Peduli Stunting” Yayasan Berkah Amal Salih, berlangsung meriah. Alhasil, suasana sekretariat Yayasan Berkah Amal Salih penuh sesak.

Pencanangan oleh Kapolresta Padang dan Kepala Puskesmas Lubuk Begalung ditandai dengan pengukuran berat badan dan tinggi badan. Dilanjutkan dengan pemberian makan bergizi oleh Kapolresta Padang, bersama kepala Puskesmas Lubuk Begalung, Camat Lubuk Begalung, Kapolsek Lubuk Begalung, Lurah Banuaran Nan XX, Pembina Wilayah Posyandu Cempaka Putih, Pembina dan Pengurus Yayasan Berkah Amal Salih.

Acara diakhiri dengan makan bersama para peserta dan undangan. Dilanjutkan penyerahan paket makanan dan minuman sehat bergizi pada 70 balita mengikuti kegiatan. (Salih)